TUGAS MAKALAH, Model Pembelajaran Tutorial

    TUGAS MAKALAH
    MODEL-MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER
MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL

C:\Users\MAYA\Downloads\LOGO IAIN.jpg1.jpg


DI SUSUN OLEH   :

ILHAM (160101010039)

RESTU ( )


RAHMAT ALDIN ( )


SUPRIYANTO JUNIOR ( )







FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
ISTITUT AGAMA ISLAM NEGRI (IAIN)
KENDARI 2017


KATA PENGANTAR
بسم الله الرحمن الرحيم

Assalamualaikum Wr. Wb.
           Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah S.W.T, atas segala kemampuan rahmat dan hidayah-nya sehingga penulis dapat menyelasaikan Tugas Makalah yang berjudul “ MODEL PEMBELAJARAN TUTORIAL “ pada mata kuliah Bahasa Indonesia. Kehidupan yang layak dan sejahtera merupakan hal yang sangat wajar dan diinginkan oleh setiap masyarakat, mereka selalu berusaha mencarinya dan tak jarang menggunakan cara – cara yang tidak semestinya dan bisa berakibat buruk. Dengan mengucap puji syukur kehadirat Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya, serta tak lupa sholawat dan salam kepada junjungan Nabi besar Muhammad Swt  atas petunjuk dan risalahNya, yang telah membawa zaman kegelaapan ke zaman terang benderang.





















     DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR……………………………………………………………….
DAFTAR ISI………………………………………………………………………...
BAB I PENDAHULUAN…………………………………………………………...
  1. Latar Belakang…………………………………………………………….
BAB II PEMBAHASAN…………………………………………………………….
  1. Pengertian Tutorial………………………………………………………...
  2. Konsep Pembelajaran Tutorial……………………………………………
  3. Fungsi Tutorial…………………………………………………………….
  4. Tujuan Pembelajaran Tutorial…………………………………………….
  5. Teknik Pembelajaran Tutorial……………………………………………
BAB III PENUTUP………………………………………………………………….
  1. KESIMPULAN……………………………………………………………
  2. SARAN……………………………………………………………………
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………….















   BAB I
      PENDAHULUAN
  1. A. Latar Belakang
Dalam era globalisasi yang semakin maju ini, pendidikan sangat penting bagi anak-anak saat ini, pendidikan yang di dalamnya terdapat proses belajar mengajar yang harus dilalui oleh seorang siswa/mahasiswa ataupun guru/dosen. Guru/dosen sebagai salah satu sumber belajar berkewajiban menyediakan lingkungan belajar yang kreatif bagi kegiatan belajar anak didiknya
Proses pembelajaran bermutu tinggi memerlukamasukan (input), proses dan lingkungan pembelajaran tertentu untuk menghasilkan keluaran yang dikehendaki sesuai dengan tujuan pembelajaran. Berbicara tentang metode, sudah banyak metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru/dosen semata-mata untuk meningkatkan pemahaman siswa/mahasiswanya terhadap . Dari berbagai macam metode tersebut seperti tutorial dll.
Tutorial adalah salah satu alternatif yang dapat dicermati dalam usaha meningkatkan mutu pembelajaran. Tutorial akan memberi kesempatan pengembangan proses pembelajaran yang dapat menjadi wahana aktualisasi kreativitas dosen dan mahasiswa untuk menjadi pembelajar yang sukses.
Tutorial akan memberi lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk pengembangan potensi mahasiswa dan dosen dalam berbagai aspek Seperti lingkungan pembelajaran. Lingkungan pembelajaran yang baik dapat terbentuk melalui fasilitas, dan dapat juga kombinasi dengan sistem komunikasi yang erat antara mahasiswa dan dosen sebagai pembelajar yang sama-sama belajar. Lingkungan pembelajaran tersebut dapat menjadi bagian orientasi pengembangan program-program tutorial.






BAB II
   PEMBAHASAN

A.           A.  PENGERTIAN TUTORIAL

Tutorial atau tutoring adalah bantuan atau bimbingan belajar yang bersifat akademik oleh tutor kepada mahasiswa (tutee) untuk membantu kelancaran proses belajar mandiri mahasiswa secara perorangan atau kelompok berkaitan dengan materi ajar. Tutor adalah orang yang memberikan ilmu kepada anak didik secara langsung, mahasiswa lebih memahami konsep dan praktek pendidikan non formal yang lebih baik.
Program tutorial pada dasarnya sama dengan program bimbingan, yang bertujuan memberikan bantuan kepada siswa agar dapat mencapai hasil belajar secara optimal kegiatan tutorial ini memang sangat dibutuhkan sebab siswa dibimbing melaksanakan kegiatan belajar mandiri  yang bersumber dari modul-modul dalam bidang studi tertentu itu sebabnya kegiatan ini sering dikaitkan dengan program pembelajaran modular. System pembalajarn ini direalisasikan dalam berbagai berbentuk yakni pusat belajar modular, program pembinaan jarak jauh, dan system belajar jarak jauh.

B. B. KONSEP PEMBELAJARAN TUTORIAL
Tutorial didefinisikan sebagai bentuk pembelajaran khusus dengan pembimbing yang terkualifikasi penggunaan migro computer untuk tutorial pembelajaran. Tutorial dengan metode alternative di antaranya bacaan, demonstrasi, penemuan bacaan atau pengalaman yang membutuhkan respons secara forbal  dan tulisan serta adanya ujian.
Berangkat dari penjelasan di atas, dapat dijelaskan bahwa tutorial adalah bimbingan pembelajaran dalam bentuk pemberian arahan, bantuan, petunjuk, dan motivasi agar para siswa belajar secara efisien dan efektif. Pemberian bantuan bererti membantu siswa dalam mempelajari materi pelajaran. Petunjuk bererti memberikan informasi tentang cara belajar secara efisien dan efektif arahan berarti mengarahkan para siswa untuk mencapai tujan masing-masing. Motivasi berarti menggerakkan kegiatan para siswa dalam mempelajari materi, mengerjaka tugas-tugas, dan mengikuti penilaian bimbingan berarti membantu para siswa memcahkan masalah-masalah belajar.
Program tutorial merupakan proram pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran dengan menggunakan software berupa program computer yang berisi materi pelajaran dan soal-soal latihan. Perekembangan teknologi computer membawah banyak perubahan pada sebuah program pembelajaran yang seharusnya didesain terutama pada upaya menjadikan teknologi ini mampu merekayasa keadaan sesungguhnya. Penekanannya terletak pada upaya yang berkesinambungan untuk memaksimalkan aktivitas pembelajaran sebagai interaksi kognitif antara siswa, materi pelajaran, dan perangkat computer yang telah deprogram.
C.  C. FUNGSI TUTORIAL:
  1. Kurikuler, Yakni sebagai pelaksana kurikulum sebagaimana telah dibutuhkan bagi masing-masing model dan mengomunikasikannya kepada siswa
  2. Pembelajaran yakni melaksanakan proses pembelajaran agar para siswa aktif belajar mandiri melalui program interaktif yang telah dirancang dan ditetapkan
  3. Diagnosis-bimbingan, Yakni membantu para sisiwa yang mengalami kesalahan, kekeliruan, kelambanan, masalah dalam pembelajaran berbasis computer berdasarkan hasil penilaian, baik formatif maupun sumatif, sehingga siswa mampu membimbing diri sendiri
  4. Administratif, Yakni melaksananakan pencatatan, pelaporan, penilaian, dan teknis administratif lainnya sesuai dengan tuntutan program CBI.
  5. Personal, Yakni memberikan keteladanan kepada siswa seperti penguasaan mengorganisasikan materi, cara belajar, sikap dan perilaku yang secara tak menggugah motivasi belajar mandiri dan motif berprestasi yang tinggi.


D. TUJUAN PEMBELAJARAN TUTORIAL
  1. Tujuan Pembelajaran Tutorial

  1. Untuk meningkatkan penguasaan pengetahuan para siswa sesuai dengan yang dimuat Dalam software pembelajaran: melakukan usaha-usaha pengayaan materi yang relevan
  2. Untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan siswa tentang cara memecahkan masalah, mengatasi kesulitan atau hambatan agar mampu membimbing diri sendiri
  3. Menerapakan pada masing-masing CBI yang sedang dipelajari.

Berdasarkan uraian di atas, dapat diambil benang merahnya bahwa pembelajaran tutorial bertujuan untuk memberiakan “kepuasan” atau pemahaman secara tuntas (mastery learning) kepada siswa mengenai materi/bahan pelajaran yang sedang  dipelajari. Terdapat beberapa hal yang menjadi identitas dari tutorial, yaitu pengenalan, penyajian informasi, pertanyaan dan respons jawaban, penilaian respons, pemberian umpan balik tentang respons, pembetulan, segmen pengaturan pembelajaran, dan penutup.





  1. Secara sederhana pola-pola pengoperasian dalam pembelajaran CAI model tutorial dapat dilihat sebagai berikut:

1.        Komputer menyajikan materi
2.        Siswa memberikan respon
3.        Respon siswa dievaluasi oleh komputer dengan orientasi siswa pada arah siswa       dalam menempuh presentasi berikutnya
4.        Melanjutkan atau mengulangi tahapan sebelumnya Dalam merancang interaksi yang berbentuk tutorial, saat atau setelah menyampaikan materi biasanya diikuti dengan pemberian soal atau latihan serta kasus.

  1. Tahapan atau langkah-langkah pembelajaran berbasis computer  model tutorial adalah sebagai berikut :
  1. Penyajian informasi ( presentation of information), yaitu berupa materi pelajaran yang akan di pelajari siswa
  2. Pertanyaan dan respons (questation of responses) yaitu, berupa soal-soal latihan yang harusdikerjakan siswa
  3. Penialian respons (judging of responses), yaitu computer akan memberikan respons terhadap kinerja dan jawaban siswa
  4. Pemberian balikan renspons (providing feedback about respons), yaitu setelah selesa, program akan memberikan balikan. Apakah telah sukses/ berhasil atau harus mengulang.
  5. Pengulangan (remediation)
  6. Segmen pengaturan pembelajaran( sequencing lesson segment).



  1. TEKNIK PEMBELAJARAN TUTORIAL

Banyak teknik yang dapat dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran tutorial diantaranya :
1. Tutorial Individu (TI)
Metode itu dianggap metode belajar yang ideal, karena satu orang Tutor berhadapan dengan satu orang siswa. Metode itu memiliki metode lainnya, terutama dalam hal pengembangan keterampilan dan pengetahuan konseptual. Pada kenyataannya, metode itu jarang dilaksanakan sebab banyaknya tujuan menyebabkan perlunya kehadiran siswa-siswa lainnya dan interaksi di antara mereka.

2. Tutorial Kelompok (TK)
Pada dasarnya tutorial berdasarkan pada hubungan antara satu orang guru dengan satu orang siswa. Namun dewasa ini sudah mulai umum dilaksanakan tutorial kelompok, dimana satu orang guru membimbing sekelompok siswa yang terdiri dari lima atau tujuh orang siswa sekaligus pada waktu yang sama. Dengan teknik itu, sebenarnya tidak banyak berbeda dengan pengajaran kelas. Pendekatan tutorial kelompok lebih menitikberatkan pada kegiatan bimbingan individu – individu dalam kelompok.












         BAB III
 PENUTUP

  1. Kesimpulan
Tutorial (tutoring) adalah bantuan atau bimbingan belajar yang bersifat akademik oleh tutor kepada mahasiswa (tutee) untuk membantu kelancaran proses belajar mandiri mahasiswa secara perorangan atau kelompok berkaitan dengan materi ajar. Tutorial adalah salah satu cara pembelajaran kelompok kecil yang paling lazim dilaksanakan.
Pembelajaran tutorial juga memiliki keunggulan dan kelemahan didalam prosesnya tapi untuk mengatasi hal tersebut maka seorang tutor sangat memerlukan berbagai macam cara / modus dalam pembelajarannya serta identitas dari tutorial itu sendiri dengan menggunakan berbagai langkah-langkah yang bisa meningkatkan keefektifan metode proses pembelajaran tutorial tersebut. Hal ini tentunya akan sangat berpengaruh jika seorang tutor sangat memahami dan mengerti akan perannya dalam proses pembelajaran tutorial ini.
  1. Saran
Proses pembelajaran tutorial ini akan sangat efektif dan bermanfaat bagi kedua belah pihak antara mahasiswa dan dosennya jika dilakukan dengan baik dan dengan cara yang benar pula. Untuk itu diperlukan adanya rasa tanggung jawab dan saling bekerja sama untuk mendapatkan hasil yang optimal pula. Sekian dan terima kasih.





DAFTAR PUSTAKA
Dr. Rusman, M.pd., Model-Model Pembelajaran pengembangan Profesionalisme Guru Edisi kedua ( Jakarta : Rajawali pers),2016














Komentar

  1. Betfair | Betfair Casino & Slots
    Welcome to Betfair Casino & Slots. 온카지노 Our site is dedicated to helping punters make smart choices while worrione also ensuring that the site is 바카라 safe.

    BalasHapus

Posting Komentar